Orientasi Anggota Baru Penalaran (OABP) 2016


            Gedung Auditorium Universitas Trunojoyo Madura mengjadi tempat terlaksananya kegiatan besar UKM-FP Penalaran Fakultas Pertanian yaitu Orientasi Anggota Baru Penalaran (OABP) 2016 yang bertema “Implementasi Nilai-Nilai Organisasi Demi Terwujudnya Generasi Peneliti Muda yang Akademis dan Organisatoris”. OABP  dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada hari Sabtu, 08 Oktober 2016 dan dilanjutkan hari Minggu, 09 Oktober 2016. Tujuan dilaksanakannya kegiatan OABP adalah untuk merekrut anggota baru yang nantinya akan menjadi generasi-generasi baru yang berpotensi dan berkomitmen dalam UMK-FP Penalaran untuk ke depannya. Kegiatan ini diikuti sebanyak 104 peserta yang berasal dari berbagai jurusan di Fakultas pertanian. Sejumlah badan kelengkapan Fakultas Pertanian juga hadir pada kegiatan OABP ini.
            Kegiatan OABP dimulai tepat pukul 07.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh Ketua Umun UKM-FP Penalaran.
Dilanjutkan dengan pengenalan UKM-FP Penalaran kepada seluruh peserta OABP.
Selanjutnya adalah materi mengenai kepenulisan yang disampaikan oleh Saudari Rohmaniyah.
Peserta OABP sangat antusias dengan materi ini, banyak pertanyaan-pertanyaan terlontar dari mereka seputar kepenulisan. Materi kedua adalah tentang motivasi organisasi yang disampaikan oleh Nurwahyu Alamsyah.
Peserta tidak kalah semangat untuk materi kedua ini. Mereka tetap antusias dan bersemangat. Rasa ingin tau menjadikan mereka tetap menyimak materi dan bertanya lebih detail masalah organisasi.
            Acara dilanjutkan dengan pemberian post test kepada peserta. Post test ini bertujuan mengetahui saberapa jauh pengetahuan peserta mengenai UKM-FP Penalaran dan tentang materi yang telah disampaikan oleh 2 pemateri mengenai kepenulisan dan organisasi. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk Sholat, istirahat dan makan siang karena waktu menunjukkan pukul 12.00.
            Pukul 13.00 peserta kembali memasuki ruangan auditorium untuk selanjutnya mengikuti acara outbond. Outbond dilakukan untuk menumbuhkan kekompakan, sportifitas dan semangat kerjasama antar kelompok.
Hal ini sangat penting karena hal-hal seperti itu sangat dibutuhkan dalam organisasi. Tidak jauh berbeda dengan suasana pagi harinya, peserta OABP masih sangat bersemangat dan antusias mengikuti berbagai game yang diberikan di outbond. Tidak ada yang menyurutkan semangat mereka karena kelompok terbaik akan mendapatkan reward sebagai penghargaan kepada mereka yang telah memenangkan game. Acara outbond selesai pada pukul 16.00, peserta tetap terlihat semangat meskipun mereka telah kotor-kotoran pada saat outbond. Kegiatan hari pertama berakhir pada pukul 16.15 dan akan dilanjutkan esok hari.
            Kegiatan hari kedua dimulai pukul 07.00 dengan agenda fieldtrip. Tempat tujuan untuk fieldtrip yaitu Museum Cakraningrat Bangkalan, Batik dan Suramadu. Sebelum berangkat peserta diberi pengarahan apa saja yang harus dilakukan di tempat fieldtrip yang akan dikunjungi tersebut. Peserta fieldtrip berangkat pukul 08.00. Tempat tujuan pertama yaitu di Museum Cakraningrat.
Peserta dapat melihat peninggalan kerajaan Bangkalan mulai dari peralatan rumah tangga, senjata yang digunakan pada saat itu utuk berperang seperti meriam,selain itu juga terdapat batik di museum. Peserta juga dapat penjelasan dari petugas museum. Setelah itu peserta langsung diarahkan menuju tempat batik.
Peserta dapat melihat berbagai macam motif batik-batik madura sekaligus bertanya –tanya mengenai batik madura. Terakhir peserta mengunjungi suramadu. Peserta dapat melihat keadaan dan kondisi di sekitar Pinggiran Suramadu dan selanjutnya dapat mencari masalah-masalah yang ada di sana. Setelah itu mereka kembali dan sampai di Gedung Auditorium pada pukul 12.30. Selanjutnya peserta dipersilahkan untuk solat dhuhur, istirahat dan makan siang.
            Acara dilanjutkan pukul 13.15 dengan agenda motivasi dan renungan yang diberikan oleh saudara Badrus dan Makruf.
Sebelumnya peserta bermain-main game ringan dan bercerita tentang fieldtrip yang telah dilaksanakan. Tepat pukul 16.00 dilakukan pengukuhan terhadap anggota baru penalaran sebagai tanda bahwa peserta telah resmi menjadi anggota UKM-FP PENALARAN.
Rasa bahagia, senang, puas dan tegang terpancar dari wajah semua anggota. Acara ditutup dengan foto bersama semua anggota UKM-FP PENALARAN. Semoga kebersamaan dan kekompakan tidak hanya hari ini. Besar harapan seluruh keluarga besar UKM-FP Penalaran dapat terus berkarya bersama dan menjadikan UKM-FP PENALARAN semakin berprestasi dan go internasional. Penalaran...is the Best

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download