Workshop Jurnalistik


Dengan bertepatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2015 UKM-FP menyelenggarakan Worshop Jurnalistik Dengan Tema "Membangun Jiwa Jurnalis Muda yang Kritis, Kreatif dan Semangat Menulis". Acara ini berlasung dari Pukul 08.00 sampai 15.00 WIB dengan jumlah peserta yang hadir sejumlah 57 peserta.


Check in Peserta Workshop Jurnalistik

Peserta Workshop Jurnalistik

Dimulai dengan beberapa hiburan dari panitia Workshop Jurnalistik, sambil lalu menunggu peserta dan pemateri datang. Lalu Acara dibuka dengan beberapa sambutan, yang diantaranya dari Ketua Pelaksana, Ketua Pelaksana dan dibuka secara resmi oleh Gubernur BEM-FP.

Ketua Pelaksana Workshop Jurnalistik, Nur Al Fitri

Ketua Umum UKM-FP Penalran, Mqfitd Arya Adhitya

Gurbernur BEM-FP, Dedy Irawan

Memasuki acara utama sesi materi jurnalistik. Materi tentang jurnalistik disampaikan oleh Kak Bagus Tri Handoko. Kak Bagus merupakan Redaktur Jawa Pos Radar Madura sekaligus Sekertaris Redaksi Jawa Pos Madura. Kak Bagus membuka materi dengan menjelaskan bagaimana proses penulisan berita sampai bisa diterbitkan disurat kabar menurut kategori berita Jawa Pos. Dilanjutkan dengan Materi tentang :
  • Dasar Jurnalistik
  • Bagian - bagian berita
  • Tips wawancara
  • Apa itu NEWS ?
  • dan Unsur Berita




Penyampian Materi Jurnalistik
Setelah menerima materi, peserta masuk dalam sesi lomba. Lomba ini berupa lomba membuat berita dari topik disekitar lingkungan kampus. Setelah dibentuk kelompok yang masing - masing kelompok beranggotakan sekitar 3 - 4 peserta, mereka mulai berangkat keluar ruangan dan mulai mencari topik - topik hangat yang ada di sekitar kampus.


Pembuatan Berita oleh peserta Workshop Jurnalistik

Proses pembuatan selesai, setelah itu berita dikumpulkan ke panitia. Selain berita, potret berita berupa dokumentsi juga dikumpulkan. Selanjutnya akan diseleksi oleh Kan Bagus untuk menentukan Pemenangnya. Panitia mengambil 3 besar juara.

Peserta mengumpulkan berita dan doptret ke Panitia Workshop Jurnalistik
Berikut ini beberapa hasil potret peseta lomba :




Setelah proses seleksi, didapatkanlah 3 kelompok yang menjadi pemenang lomba pembuatan berita.

Para pemenang lomba pembuatan berita bersama pemateri dan panitia
Dipuncak acara ditutup dengan Closing Ceremony dan penyerahan sertifikat peserta dan penyerahan cindera mata kepada Pemateri Workshop Jurnalistik.
Penyerahan Cindera Mata kepada Pemateri

Foto Bersama Peserta - Panitia - Pemateri

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download