TIUPPS 11-Inspirasi Tiada Batas



Salah satu agenda rutin dari UKM Penalaran dan Penelitian se-Jawa Timur adalah Temu Ilmiah. Bertepatan dengan agenda rutin temu ilmiah ke-11 tahun ini, Universitas Trunojoyo Madura menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Tepatnya pada tanggal 17-20 Maret 2016 dengan dihadiri sebanyak 60 peserta dari 13 Universitas di Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UKM-FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura dengan tema “Bhakti Bangsa Mahasiswa Ilmiah di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dengan kearifan lokal Madura”. Tujuan diadakannya temu ilmiah sendiri diantaranya untuk membangun kreativitas mahasiswa dan peneliti muda dalam mengembangkan potensi lokal daerah, selain itu kegiatan ini juga berguna untuk mempererat silaturrahim antar mahasiswa penalaran dan penelitian se Jawa Timur. 
Hari pertama (18 Maret 2016) diawali dengan upacara pembukaan yang bertempat di gedung Auditorium dengan beberapa sambutan diantaranya sambutan dari ketua pelaksana, ketua umum dan dibuka langsung oleh dekan Fakultas Pertanian.

Selanjutnya diisi dengan seminar kewirausahaan dari Dinas Pariwisata. Sambil lalu menunggu acara seminar kewirausahaan dimulai, panitia menyuguhkan hiburan tarian adat Madura dari UKM-FP Daun.

Seminar Kewirausahaan Potensi Madura ini guna memperkenalkan potensi yang ada di madura dari kuliner, budaya dan pariwisata sebagai langkah awal para peneliti muda membuka wawasan tentang kenyataan yang ada di madura.

Sore hari kegiatan diisi dengan Field Trip atau kunjungan ke Kebun Salak, Mercusuar, dan pusat oleh-oleh batik Maduratna.


Tujuan diadakannya Field Trip yaitu memberikan gambaran nyata terhadap kondisi terkini potensi Madura yang ada kepada mahasiswa Penalaran se jawa timur agar mampu merumuskan strategi pengembangan yang tepat untuk memperkuat daya saing ekonomi Indonesia di MEA. Malam hari, agenda temu ilmiah selanjutnya diisi dengan diskusi ilmiah mengenai apa saja yang sudah didapatkan selama Field Trip yang bertempat di taman kampus Universitas Trunojoyo Madura.



Untuk hari berikutnya (19 Maret 2016) diisi dengan presentasi LKTI dari peserta yang sudah lolos seleksi sebelumnya. 

Disini ada 10 peserta yang lolos dan selanjutnya akan mempresentasikan karya-karya mereka. Presentasi ini dinilai oleh Bapak Eko Setiawan selaku dosen Agroteknologi dan Ibu Setiani dari prodi Agribisnis.

Tepat pukul 14.00 kegiatan diisi dengan sidak prestasi atau pengenalan UKM Penalaran dan Penelitian dari masing-masing Universitas yang sudah hadir.

Selanjutnya malam hari dilakukan sidang Pleno yang berlangsung di Aula Ruang Kuliah Bersama B.

Dari rangkaian acara yang sudah ditetapkan, hari ketiga yang bertepatan pada tanggal 20 Maret 2016 merupakan acara penutupan yang mana ini adalah rangkaian acara terakhir dari Temu Ilmiah. Penutupan dilaksanakan di Gedung Graha Utama lantai 10 dan ditutup langsung oleh Pembantu Rektor II dengan rangkaian acara pemberian penghargaan Juara 1, 2, 3 kepada peserta LKTI yang sudah mempresentasikan karyanya pada hari kedua dan pemberian cenderamata dari UKM-FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura kepada 13 Universitas delegasi temu ilmiah.
Dan dari semua agenda acara yang sudah disiapkan oleh panitia, acara temu ilmiah ke-11 se Jawa Timur ditutup dengan foto bersama.

Dari acara ini, diharapkan baik peserta dari masing-masing Universitas maupun panitia mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat dalam era MEA.








1 Komentar