Grand Opening Sosialisasi dan Mentoring Program Kreativitas Mahasiswa UKM-FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura




UKM-FP Penalaran (06/09) mengadakan acara grand opening sosialisasi dan mentoring program kreativitas mahasiswa di Hall Gedung Rektorat lantai 1. Acara ini dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, dan Fakultas Ekonomi. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan kreativitas menulis terutama dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi setiap tahunnya. PKM terdiri dari Kewirausahaan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Karsa Cipta dan Teknologi. Seperti yang kita ketahui, Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang karya ilmiah bergengsi di tingkat mahasiswa. PKM sendiri memerlukan keterampilan khusus serta ide yang unik dan nyentrik, Program ini memiliki seleksi yang panjang dan bermuara di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang mana peserta PIMNAS adalah seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta dari berbagai wilayah.

Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 06 September 2016 yang diketuai oleh Dida Wahyu Lestari mahasiswa Agroteknologi semester 5. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo Madura, Dekan Fakultas Pertanian, Pembina UKM-FP Penalalaran. Sambutan pada acara sosialisasi ini pertama dari ketua umum UKM FP Penalaran, Qowiyul Amin. Dalam sambutannya, ketua umum Penalaran menyampaikan harapan-harapan diadakannya acara bergengsi ini, selain diharapkan mahasiswa membawa nama baik almamater di even-even nasional dalam acara PIMNAS, ide-ide mahasiswa diharapkan dapat berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat bagi umumnya. 
Selanjutnya sambutan dari  dekan Fakultas Pertanian Ir. Slamet Subari S.H.,M.Pdi. Beliau menuturkan bahwa Fakultas Pertanian selalu menjadi Fakultas Pertama dengan proposal PKM paling banyak didanai DIKTI. Peserta PIMNAS dari tahun ke tahun pun selama ini masih diwakili oleh mahasiswa Fakultas Pertanian.

Dekan Fakultas Pertanian juga berharap untuk kedepannya tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Pertanian yang mewakili Universitas Trunojoyo Madura dalam even PIMNAS. Sambutan terakhir adalah dari Wakil Rektor III, beliau menyatakan bangga dengan jajaran panitia yang telah menyelenggarakan acara ini. 

Beliau juga menuturkan bahwa acara seperti ini tidak harus berada dalam ruangan dengan sarana yang memadai dan hidangan mewah. Justru dengan hidangan umbi-umbian, secara tidak langsung akan melestarikan pangan lokal yang sekarang mulai dilupakan dikalangan masyarakat luas. Harapan besar beliau dengan adanya acara ini adalah mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura memiliki kreativitas dan minat yang tinggi terhadap kepenulisan, terutama Program Kreativitas Mahasiswa dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya baik nasional maupun internasional. 
Selanjutnya acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III dengan penyerahan simbolis kepada salah satu peserta Mentoring PKM. Setelah sambutan dari wakil rektor III, selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh Pembina UKM FP Penalaran, Ir. Umi Purwandari M.App., Sc. PhD. 


Acara terakhir dalam rangkaian acara grand opening sosialisasi dan mentoring program kreativitas mahasiswa adalah sharing hearing dengan mahasiswa yang telah lolos PIMNAS pada periode sebelum-sebelumnya. Dalam kesempatan ini, peserta sosialisasi dan mentoring PKM dapat bertanya lebih dalam dan lebih jelas mengenai tips dan trik untuk menulis proposal PKM yang baik dan unik hingga sampai pada peng-upload-an serta sampai pada tahap lolos PIMNAS. Sehingga nantinya peserta sosialisasi dapat memahami serta dapat mengaplikasikan dalam karya-karya mereka.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download