YOUTH SUMMIT 2017 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA


UKM FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura kembali menghadirkan sebuah even besar “Youth Summit” dengan berkolaborasi bersama Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa Bina Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (MITI-KM Binwil Jabalnusra) hingga berhasil menyajikan acara yang spektakuler. Tema besar yang diusung dalam acara YS ini adalah Student Action for Suistanable Development.   Tema ini diangkat sebagai wujud kepedulian UKM FP Penalaran untuk turut mendukung mewujudkan Sustainable Development Goals/ Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang biasa disingkat SDGs. SDGs sendiri merupakan 17 tujuan dengan 169 capaian yang telah ditentukan oleh PBB sebagai upaya pembangunan dunia demi keberlanjutan kehidupan di bumi yang diterbitkan pada tanggal 21 Oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030 . Acara yang diikuti oleh peserta delegasi mahasiswa di seluruh pulau di Indonesia semakin menambah semarak kegiatan ini. Youth Summit merupakan agenda rutin tahunan dari MITI-KM yang bekerja sama dengan mitra se Jabalnusra termasuk UKM FP PENALARAN yang saat ini menjadi tuan rumah dari acara tersebut. 


Youth Summit memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yaitu hari jumat, sabtu, dan minggu pada tanggal 13-15 Oktober 2017. Rangkaian kegiatan di hari pertama, hari jumat dimulai dengan check in peserta pada pukul 07.00 untuk mengikuti agenda presentasi karya dari 10 besar finalis Call for Paper Nasional yang berasal dari tiga tim dari Institut Sepuluh November (ITS), dua tim dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Jambi. Presentasi dinilai oleh tiga juri dari dosen Universitas Trunojoyo Madura yang tentu telah berkompeten dibidangnya. Dosen tersebut diantaranya adalah ibu Umi Purwandari, Prof. Zainuri, dan bapak Andrie . tema yang diusung dalam lomba Call for Paper Nasional ini adalah “Ide Kreatif dan Inovatif Pengembangan Potensi Negeri Menuju Pembangunan Berkelanjutan”.


 
Jumat malam acara dilanjut  dengan malam pengakraban dan galadiner yang diikuti oleh finalis Call for Paper dan mitra dengan menyuguhkan penampilan-penampilan yaitu teater dari UKM Nanggala, band HIMATIPA, serta penampilan dari teman-teman finalis dan juga mitra dari UKM/Universitas masing-masing. Acara galadinner berakhir pukul 22.00. 



Hari kedua yaitu Seminar Nasional yang bertemakan Teknologi Berbasis Energi Terbarukan Sebagai Tantangan Dan Peluang Pemuda Menuju Pembangunan Berkelanjutan” dengan pemateri-pemateri handal  di bidang teknologi seperti Koko Joni (Dosen Teknik Elektro UTM), bapak Edi Sukur (Teknopreneur & Sekertaris Umum MITI) Andreas Senjaya (CEO Badr Interactive & iGrow) dan yang tak kalah hebat adalah bapak Prof. Dahlan Iskan, menteri BUMN tahun 2011. 


Sabtu malam diisi dengan kegiatan Rakorwil dari MITI dengan mitra Jabalnusra serta penentuan tuan rumah untuk acara YS selanjutnya. 

Hari ketiga merupakan acara santai yaitu mulai pagi peserta diajak untuk senam dan mengikuti beberapa games yang dipandu oleh komunitas Fast Leadership UTM. Games berkelompok ini bertujuan untuk merekatkan silaturahmi anatara panitia dan juga peserta melalui kekompakan dalam sebuah tim. Kegiatan selanjutnya yaitu fieldtrip di festival Karapan Sapi Bangkalan, Madura. Karapan sapi merupakan salah satu ikon Madura yang sangat dikenal oleh masyarakat di dalam maupun luar Madura. Oleh karena itu disajikan dan diperkenalkan kekayaan budaya Madura, yaitu Karapan Sapi. Setelah menonton karapan sapi, peserta mampir sejenak di pusat oleh-oleh di kota Bangkalan yaitu Maduratna. Produk-produk yang dijual antara lain souvenir seperti gantungan kunci,  batik khas madura, dan masih banyak lagi. Pukul 14.00 peserta diarahkan kembali menuju UTM untuk berkemas dan mengikuti rentetan kegiatan terakhir yakni penutupan. Acara YS ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan selama kegiatan YS yang berlangsung tiga hari di UTM oleh panitia dan juga peserta. Dan yang terakhir yaitu penandatanganan MOU dari MITI dengan mitra Jabalnusra serta foto bersama.
Sayonara..


Dokumentasi lainnya dapat diunduh di sini

0 Komentar