Mentoring PKM by UKM FP PENALARAN UTM


Program Kreativitas Mahasiswa adalah termasuk program wajib dan terfokus bahkan hingga dibentuk divisi PKM di dalam kepengurusan UKM FP Penalaran. Sebagai UKM yang bergerak di bidang karya tulis, Penalaran lebih memfokuskan di bidang PKM dibandingkan dengan karya tulis ilmiah dikarenakan PKM lebih banyak digandrungi oleh kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Tentu sudah banyak yang mengetahui jenis-jenis PKM yang dapat diajukan ke Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) diantaranya yaitu PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan,  PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM Penerapan Teknologi, PKM Karsa Cipta, PKM Artikel Ilmiah, dan PKM Gagasan Tertulis

Demi menjawab kebingungan dan keresahan mahasiswa maka UKM FP Penalaran hadir dengan mengadakan kegiatan Mentoring PKM 2017 yang dapat diikuti oleh mahasiswa di semua jurusan dan fakultas di Universitas Trunojoyo. Walaupun masih berada dalam tingkat fakultas, namun kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh UKM FP Penalaran telah mencakup tingkat universitas bahkan nasional. Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2017 dengan tema “Wujudkan Ide Kreatifmu Melalui Patent Scope”  dimulai dengan laporan ketua pelaksana, sambutan pembina UKM FP Penalaran, dan dekan fakultas pertanian sekaligus pembukaan acara Mentoring PKM. Peserta mentoring PKM tergabung dari berbagai mahasiswa berbagai jurusan di UTM yang berjumlah hingga sekitar 100 orang. 


Kajian dilaksanakan selama satu bulan dan diadakan dua kali pertemuan dalam satu minggu. Tim mentor dibentuk untuk membimbing setiap tim PKM dengan  masing-masing satu mentor. Setiap tim didampingi mulai dari pencarian judul, penyelesaian proposal, pencarian dosen pembimbing, hingga peng-upload-an ke laman Simbelmawa. Mentoring ini sangat membantu mahasiswa terlebih mahasiswa baru yang hangat mengenal PKM. Tim juga dapat melakukan diskusi selain pada schedule yang ditentukan bersama mentor masing-masing apabila masih diperlukan. Semoga proposal yang berhasil ter-upload dapat  lolos hingga PIMNAS. Aamiin. Penalaran kompeten !!

0 Komentar