Bakti Sosial UKM FP Penalaran di Yayasan Sosial Al-Qowi Bangkalan


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana pada bulan ini umat Islam dianjurkan untuk berbuat amal kebajikan sebanyak banyaknya. Salah satu amal kebaikan tersebut yaitu bisa dengan berbagi, bersedekah,serta bersilaturahmi. Pada tanggal 27 Mei 2018 UKM FP Penalaran mengadakan acara Bakti Sosial yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pengembangan Organisasi, acara ini mengangkat tema “Ikhlas Berbagi dan Silaturrahmi Demi Menggapai Kebaikan Ramadhan yang Hakiki Bersama UKM FP Penalaran”. Acara ini bertempat di Yayasan Sosial Al-Qowi Bangkalan.
Untuk mempersiapkan acara ini diadakan beberapa kali rapat. Dimulai pada rapat perdana pada tanggal 18 Mei 2018 yaitu dengan agenda diantaranya pembentukan kepanitiaan, penentuan tema, penentuan waktu dan tempat acara serta penentuan Yayasan. Dalam kepanitiaan ini terdiri dari 6 sie yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing. Penggalangan dana direncanakan dilakukan pada tanggal 20 Mei 2018 diluar kampus dengan target Rp.1.000.000 jika penggalangan dana diluar kampus belum memenuhi target maka akan dilanjutkan dengan penggalangan dana didalam kampus. Penggalangan dana di luar kampus dilakukan di lampu merah sekitar Bangkalan Kota serta di Pelabuhan Kamal selain itu juga open donation via transfer.
Gambar 1.Penggalangan Dana di Lampu Merah Daerah Bangkalan

Gambar 2.Penggalangan Dana di Lampu Merah Daerah Bangkalan

Gambar 3.Penggalangan Dana di Lampu Merah Daerah Bangkalan

Gambar 4.Penggalangan Dana di Lampu Merah Daerah Bangkalan
Penggalangan dana hari pertama, alhamdulillah target sudah terpenuhi bahkan melebihi target yang ditentukan, dana yang diperoleh yaitu Rp.3.678.400. Kemudian pada tanggal 25 Mei 2018 diadakan rapat pengefikan untuk pemantapan persiapan acara serta laporan setiap sie. Dana yang diperoleh sepenuhnya untuk anak yatim ada yang diberikan kepada yayasan berupa peralatan sholat (mukena dan sarung), Al-Qur’an serta sembako selain itu ada juga yang diberikan per anak yaitu santunan per anak serta bingkisan yang berisi kotak makan, buku serta alat tulis.

Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu yaitu tanggal 27 Mei 2018 yang merupakan hari H acara Bakti Sosial UKM FP Penalaran. Pukul 06.00 panitia berangkat menuju lokasi, kemudian melakukan persiapan untuk acara diantaranya mempersiapkan tempat acara. Pukul 07.30 pembukaan acara dibuka oleh MC Formal, acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Junaidi, kemudian ada penampilan hadroh yang menampilkan beberapa lagu.Setelah itu laporan ketua pelaksana Alifiya Ainun Nisya, dilanjutkan sambutan dari Ketua Umum UKM FP Penalaran, Latiful Fuad. Dan yang terakhir sambutan dari Ketua Yayasan yang bercerita sedikit mengenai sejarah berdirinya Yayasan, beliau mengungkapkan bahwa Yayasan Al-Qowi ini telah berdiri selama 7 tahun dan selama 7 tahun itu sudah 3 kali pindah, alhamdulillah pada tahun 2015 mendapatkan tanah wakaf yang sekarang sedang dalam proses pembangunan gedung Yayasan. Selain itu beliau juga berterimakasih dan berharap semoga silaturrahmi ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan. Setelah itu ditutup dengan doa.
Gambar 5. Pembukaan Acara MC Formal

Gambar 6. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Gambar 7.Penampilan Hadroh

Gambar 8. Laporan Ketua Pelaksana

Gambar 9. Sambutan Ketua Umum

Gambar 10. Sambutan Katua Yayasan

Masih banyak rangkaian acara selanjutnya, acara dilanjutkan oleh MC non formal. Keseruan dimulai dengan menyanyi lagu islami bersama, ada beberapa anak yang menyanyi didepan bersama pembawa acara. Setelah itu dilanjutkan dengan lomba tartil Al-Qur’an dengan 25 peserta dengan juri dari pengurus harian yaitu Sholehatul Munawaroh dan Junaidi. 

Gambar 11.Menyanyi Lagu Islami

Gambar 12. Lomba Tartil

Lalu dilanjutkan dengan dongeng dari Ketua Umum UKM FP Penalaran, Kak Latiful membawakan cerita yang berjudul “Nabi Sulaiman,Semut dan Cacing yang Buta” ceritanya singkat namun makna dari cerita tersebut mudah ditangkap oleh pendengarnya, Kak Latiful bercerita dengan semangatnya dengan memperagakan berbagai tokoh hewan yang ada pada cerita teresbut sehingga yang mendengarkannya pun terhibur. Pesan yang dapat diambil dari cerita tersebut diantarnya berbagi, tolong menolong, berani, serta jangan ragu untuk mengajak berbuat baik.

Gambar 13. Dongeng “Nabi Sulaiman,Semut dan Cacing yang Buta”

Gambar 14.Penyampaian Amanat Dongeng “Nabi Sulaiman,Semut dan Cacing yang Buta”


Setelah itu ice breaking dengan beberapa game dan pemberian hadiah pada yang memenangkan gamenya, kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk pemenang lomba tartil juara harapan 1,2,dan 3 serta juara 1,2,dan 3.Selanjutnya pemberian cinderamata serta santunan yang diberikan kepada pengurus Yayasan. 

Gambar 15.Ice Breaking Diisi Dengan Beberapa Game

Gambar 16.Juara Lomba Tartil Juara Harapan 1,2,dan 3

Gambar 16.Juara Lomba Tartil Juara 1,2,dan 3

Gambar 17.Pemberuan Santunan serta Cinderamata
Acara yang trakir yaitu pemberian santunan yang diberikan pada setiap anak. Suasananya semakin syahdu ketik masing-masing anak yatim berbaris dan menerima santuanan. Acara bakti sosial ditutup dengan foto bersama.Berakhirlah acara Bakti Sosial hari ini dengan sukses. Indahnya berbagi dan silaturrahmi di bukan suci ini semakin kita rasakan. Semoga lelah kita semua menjadi lillah.Aamiin..Penalaran...Is The Best...
Gambar 18.Foto Bersama Keluarga Penalaran dengan Anak Yayasan Sosial Al-Qowi serta Pengurusnya.











Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download