Karakteristik Yang Dimiliki Domba Laut

 

 Karakteristik Yang Dimiliki Domba Laut

 


Domba Laut dengan nama latin Costasiella kuroshimae adalah spesies nudibranch (siput laut tanpa cangkang) yang sangat kecil, hanya sekitar 5 mm dalam ukuran maksimalnya. Hewan ini juga dikenal dengan sebutan "leaf sheep" atau "sheep slug", karena tubuhnya menyerupai daun dan gerakan kepalanya menyerupai gerakan kepala domba.

Hewan ini ditemukan di perairan sekitar Jepang, Filipina, dan Indonesia. Costasiella kuroshimae memiliki kemampuan yang unik yaitu dapat melakukan fotosintesis, seperti halnya tumbuhan. Hal ini dimungkinkan karena hewan ini memiliki kloroplas yang mirip dengan yang dimiliki oleh tumbuhan, yang diperoleh dari makanan yang dimakannya yaitu alga hijau berukuran mikroskopis.

Proses fotosintesis yang terjadi pada hewan ini menjadikan tubuhnya hijau dan memberikan keuntungan bagi hewan ini untuk menghasilkan makanan sendiri dari sinar matahari. Namun, fotosintesis ini hanya memberikan sebagian kecil dari kebutuhan nutrisi Costasiella kuroshimae dan mereka masih harus mencari makanan tambahan dari alga hijau lainnya.

Costasiella kuroshimae tidak berbahaya bagi manusia dan tidak dikonsumsi oleh manusia karena ukurannya yang sangat kecil dan karena memiliki bahan kimia yang beracun. Hewan ini memiliki peran penting dalam ekosistem laut sebagai pemakan alga hijau dan juga sebagai sumber makanan bagi hewan laut lainnya seperti ikan kecil dan udang


Sumber :

Yonow, N. (2015). Sea Slugs: unexpected biodiversity and distribution. The Red Sea: The Formation, Morphology, Oceanography and Environment of a Young Ocean Basin, 531-550.

Christa, G., Gould, S. B., Franken, J., Vleugels, M., Karmeinski, D., Händeler, K., ... & Wägele, H. (2014). Functional kleptoplasty in a limapontioidean genus: phylogeny, food preferences and photosynthesis in Costasiella, with a focus on C. ocellifera (Gastropoda: Sacoglossa). Journal of Molluscan Studies80(5), 499-507.

0 Komentar