AEC (Agriculture Event Center) 2023

 



Kegiatan AEC (Agriculture Event Center) Penalaran FP merupakan sebuah Kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM-FP Penalaran yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian dengan tema "Visioning Faperta: A Journey to be Excellent" . Kegiatan ini berisi rentetan mulai dari Grand opening (seminar), Mentoring P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha), LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa), PPK ORMAWA (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) dan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang terdiri dari PKM-K, PKM AI, PKM-PM, PKM-KC, PKM-GFT serta PKM-RE.Setelah kegiatan mentoring selesai dilaksanakan, selanjutnya dilanjut pada Liga AEC 2023 yaitu presentasi finalis yang lolos pada babak selanjutnya, tidak berhenti pada liga, acara ini dilanjut dengan monitoring yaitu perbaikan proposal sebelum dikirim pada tingkat belmawa yang didampingi oleh dosen pembimbing masing-masing.

·       PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM bertujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri.

·       P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki prototipe produk atau sudah menjalankan usaha. Program P2MW juga memfasilitasi bagi mahasiswa yang telah mengikuti Program Wirausaha Merdeka (WMK) dan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) sebagai pembinaan lanjutan Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek.

·       LIDM merupakan ajang kompetisi mahasiswa bertalenta di bidang digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill, literasi teknologi, dan prestasi mahasiswa.

·       PPK Ormawa merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Ormawa agar mampu menjadi Organisasi Kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air.

Rentetan Acara AEC 2023

1.     Grand Opening AEC 2023

Grand opening AEC 2023 dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2023 di Gedung pertemuan R.P Mohammad noer. Grand opening ini diisi oleh 4 pemateri yakni, bapak Choirul Umam S.TP, M.T yang mengenalkan tentang LIDM, bapak Askur Rahman, S.TP, M.P yang mengenalkan tentang P2MW, Dr Haryo Triajie S.Pi., MSi. Mengenalkan tentang pencarian ide, ibu prof. Ir. Umi Purwandari, M.App.Sc., Ph.D. yang mengenalkan tentang PKM, dan Eka Nurrahema Ning Asih, S.Kel., M.Si.mengenalkan mengenai materi PPK ORMAWA.   

2.     Mentoring AEC

Mentoring AEC bertujuan untuk memberikan bimbingan lanjutan mengenai pembuatan proposal dari LIDM, PKM, PPMW, dan PPK ORMAWA. Mentoring dilaksanakan sebanyak 2 kali yakni pada tanggal 5 November dan 12 November 2023. Mentoring ini dilakukan di ruang RKBI sesuai dengan kelas peminatan yang dipilih. Setelah dilaksanakan mentoring, peserta di arahkan untuk membuat tim dan ide serta memilih dosen pembimbing yang akan mengarahkan dan membimbing pengembangan ide dan pembuatan proposal.

3.     Liga AEC

Liga AEC bertujuan untuk memilih dan memberikan apresiasi terhadap proposal terbaik. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 24 Desember 2023 melalui online zoom meeting. Proposal yang dipilih sebagai finalis liga ialah sebanyak 12 proposal dari skema PKM, 5 proposal dari skema LIDM dan P2mw,  sementara untuk PPK ORMAWA tidak diperlombakan. Setelah terpilihnya para finalis, selanjutnya diadakan sesi presentasi yang dilakukan secara berkelompok dan diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura dan ditetapkan pemenang best paper dari masing” skema yang ada.

Pemenang finalis AEC 2023

Cabang: PKM

·       Nama Ketua : Iqbal Baihaqi dengan judul : Menyulam keindahan alam: pengembangan miniatur hewan dalam eco fiber sculptures dari serabut kelapa untuk seni ramah lingkungan (PKM K)

·       Nama Ketua : Puteri Amalia Hasanah dengan judul : Formi - Formulasi bubuk penyedap alami dari rumput laut E. cottoni dengan penambahan rasa cangkang udang (Litopenaeus vannamei), (PKM-RE).

·       Nama Ketua : Indah Rahmah juita dengan judul : Pemanfaatan Gulma Meniran (Phyllanthi Nirurii Herba) Sebagai Ekstrak Obat Herbal (PKM AI)

·       Nama Ketua : Mariana Herlin dengan judul : Iot 4.0: Transformasi Pertanian Garam untuk Masa Depan Berkelanjutan dan Berbasis Teknologi Yodium Meningkatkan Hasil dan Kualitas (PKM GFT)

·       Nama Ketua : Khoirul Anam dengan judul : Pemanfaatan Daun Mimba Sebagai Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Hama Ulat pada Tanaman Tembakau di Dusun Karongan (PKM PM)

·       Nama Ketua : Ahmad Afid Afifulloh dengan judul : TESA (TEKNOLOGI ESP 32 dan ARDIUNO) Sebagai Inovasi Teknologi  2 In 1 Berbasis Iot Dalam Pengendali Hama Utama Belalang dan Ulat Grayak pada Tanaman Jagung (PKM KC)

Cabang: P2MW

·       Nama Ketua : Niko Hani Anjaya dengan judul : SeedMart (Pasar Bibit Cabai)

·       Nama Ketua : Muhammad kholisul fikri dengan judul : Hi-Peat

·       Nama Ketua : siti amina dengan judul : paper art

·       Nama Ketua : Zaky Aditya dengan judul : Abonique

Cabang: LIDM

·       Nama Ketua : RIFA A NUR AINI dengan judul : Pesona Wisata Laut, Ancaman Terhadap Ekosistem.

·       Nama Ketua : Desvita Ayu Hapsari dengan judul : Maghili.

·       Nama Ketua : Marisa Alifa Khoirun Nisa dengan judul : Castor.

·       Nama Ketua : Dwi Elok Pania Satiti dengan judul : Pengaruh Poster Edukasi Pencemaran Terhadap Kesadaran Masyarakat Tentang Dampak Buruk Polusi Udara.

·       Nama Ketua : Nina Dwi Sagita Dengan Judul : Analisis Ekosistem Terumbu Karang Dalam Mendukung Sumber Daya Kelautan

Pemenang Best Paper AEC 2023

LIDM

1. Matin Fuadi

Pariṇāma

 

P2M2

1. Sannafa Amaliya

Budidaya Ikan Sili Bioflok

PKM K

1. Nur Saidatul Hasanah

Keindahan Lidah Buaya Dan Sereh Dalam Kewirausahaan: Menyajikan Lation Ramah Lingkungan

PKM PM

1. Rizky Dwi Anggraeni

Potensi Manggot BSFL (Black Soldier Fly Larvae) dalam Pengelolaan Limbah Organik sebagai Bentuk Dukungan Pupuk di Desa Kamal, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan

PKM KC

1. Abdul Rozak Bachri

Sistem Aquaponic Cerdas Berbasis IoT

PKM GFT

1. Sintia Lestari

Plants Hug; The Application Of Holistic Theraphy As A Mental Healt Solution Untuk Membangun Generasi Unggul Indonesia Emas 2045

PKM AI

1. Luluk Fitria Khoiru Ulya

Strategi Pengembangan Usaha Mikro (Studi Kasus: Umkm Milkow)

PKM RE

1. Muhammad Tsabit Alwi

Implementasi Tekhnologi Phenotyping Sebagai Database Riset Padi Toleran Salinitas Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Indonesia 2030

4.     Monitoring

Monitoring diadakan dengan tujuan perbaikan proposal agar menjadi proposal yang memiliki grade A sebelum dikirim pada tingkat belmawa yang didampini oleh dosen pembimbing masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan dari selesai Liga AEC 2023 hingga pendaftaran tingkat akhir yaitu perlombaan pusprenas.

 

Grand Opening AEC 2023     : 20 Oktober 2023 di Gedung pertemuan R.P Mohammad noer

Mentoring AEC 2023              : RKBI

-          Pertemuan pertama           : Tanggal 5 November 2023

-          Pertemuan kedua               : Tanggal 12 November 2023

Liga AEC 2023                       : 24 Desember 2023 melalui online zoom meeting

Monitoring AEC 2023            : Selesai Liga hingga perlombaan Pusprenas 





0 Komentar