BANCAR, KEINDAHAN ALAM YANG MEMUKAU

                        Inilah yang Menyebabkan Tuban Menjadi Pusatnya Kota Wali - Ronggo.id


Kota Tuban merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur, Indonesia.Kota Tuban mempunyai satu kabupaten, yaitu Kabupaten Tuban, serta terletak di pesisir utara Pulau Jawa, di perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kabupaten Tuban memiliki wilayah yang luasnya 1.839,94 km2 dan luas laut 22.608 km2. Pada tahun 2023, jumlah penduduk Kota Tuban mencapai 1.249.621 jiwa, dengan kepadatan penduduk 680 jiwa/km2. Tuban sering dikenal "Bumi Wali" sebab itu tuban menjadi pusat penyebaran agama islam dan tempat berkumpul para Wali Sanga tetapi beberapa kalanagan tuban juga di sebut sebagai “Kota Toak” sebab daerah Tuban sangat terkenal akan penghasil minuman Toak Legen. Kota Tuban memiliki sejarah yang kaya dalam pendidikan agama Islam. Kota ini juga terkenal dengan banyaknya makam para wali. Kota ini juga memiliki sejarah dan kekayaan budaya yang kental, termasuk sebagai tempat kelahiran beberapa tokoh Wali, seperti Sunan Kali Jogo , Seorang Wali Songo. Kota Tuban memiliki potensi ekonomi yang didukung oleh sektor pertanian, perkebunan, perdagangan, Pariwisata, industri pengolahan dan pertambangan. Pertanian Padi dan Pertanian Jagung menjadi salah satu kegiatan ekonomi utama daerah ini. Disamping itu, Tuban di kenal sebagai “Kota Seribu Goa “ dengan beberapa Goa yang terdapat Stalaktit dan Stalakmit. Tuban memiliki berbagai situs bersejarah dan tempat wisata yang menarik, seperti makam-makam tokoh agama, museum, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Di Tuban memiliki 20 kecamatan, 17 kelurahan, dan 311 desa salah satunya adalah desa seungin kecamatan bancar kabupaten tuban. Kecamatan Bancar terletak di bagian utara perbatasan jawa timur jawa tenggah wilayah Kabupaten Tuban.

                                                                                                                           Sistem Sosial dan Budaya

Masyarakat bancar merupakan masyarakat yang masih memegang nilai-nilai kebudayaan hingga saat ini. Salah satu yang kebudayaan tampak adalah masih kuat adalah peringatan haul mbah dipojoyo, sedekah bumi, tradisi sampur bawur merupakan suatu ritual tradisional atau budaya turun-menurun, walaupun sudah berkembang tetapi mereka tetap melestarikan tradisi atau kebudayaan tersebut. Upacara Sedekah Bumi kaya akan makna dan lambang yang menciptakan ragam budaya yang berhubungan dengan sistem sosial dan kebudayaan. Berbeda dengan tradisi Sampur Baul, Sampur Baul merupakan rangkaian ritual sedekah yang dilakukan para petani setelah nanpek (mengolah sawah dan menyiapkan benih untuk disemai) dan membantu warga terhindar dari kejahatan bencana,hal yang dilakukan untuk mendoakan kemungkinan keberhasilan. Kegiatan yang terdiri membaca ayat-ayat Alquran, dzikir, dan doa, kemudian diakhiri dengan makan bersama. Dari berbagai kearifan lokal daerah Tuban yang menjadi tradisi, semua itu hanyalah bentuk rasa bersyukur kepada sang pencipta yang sudah memberi kita kebahagiaan hidup dengan mengamalkan sila Pancasila. Artinya, dalam mengamalkan sila pertama, masyarakat Tuban beriman kepada Tuhan dan mensyukuri segala nikmat dan kesehatan.Menerapkan prinsip kedua adalah selalu melindungi planet kita, sama seperti kita melindungi lautan. Masyarakat harus menjaga tata krama yang baik, sehingga tanah harus tetap subur. Dengan menerapkan sila ketiga, masyarakat Tuban melestarikan nilai-nilai tradisional negara, mengedepankan kerukunan antar masyarakat dan menciptakan rasa persatuan di antara mereka. Jenis kearifan lokal daerah Tuban yang masih tradisional dan Dengan adanya tradisi atau ritual ini mengandung nilai nilai sosial atau sistem sosial yang tinggi yaitu, gotong royong antar masyarakat yang ikut serta dalam sedekah bumi sehingga tercipta rasa kesatuan dan persatuan.

                                                                                                                                         Sistem Pertanian

Bancar merupakan salah satu dari daerah di Tuban yang menghasilkan komoditi pertanian padi dan jagung. Upaya meningkatkan ptoduktifitas pertanian di bancar dengan mengembangkan pertanian moderen.bancar mempunyai peranan penting dalam penyediaan pertanian di Kota Tuban dan sekitarnya.

Dalam konteks ini, produk utama sistem pertanian distrik Bunker sangat beragam dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal dan pasokan pangan lokal. Beras merupakan komoditas terpenting di kawasan Bunker.

 Areal yang digunakan untuk budidaya padi sangat luas dan menjadi tulang punggung perekonomian pertanian setempat. Para petani di tuban telah mengadopsi berbagai teknik bertani modern untuk meningkatkan produksi padi. Kami menggunakan varietas berkualitas tinggi, sistem irigasi yang efisien, dan menggunakan pupuk dan pestisida yang tepat.Selain padi, jagung juga merupakan komoditas penting di Kabupaten Bangkar.Tanaman jagung membantu mendiversifikasi pertanian dan menyediakan sumber pendapatan alternatif bagi petani.Teknik dan praktik pertanian inovatif juga digunakan dalam produksi jagung untuk meningkatkan hasil dan kualitas tanaman.

 Selain itu, tanaman palawija seperti jagung juga merupakan produk umum di bancar. Jagung mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan manfaat rotasi tanaman kepada petani. Penggunaan varietas unggul, pemupukan yang tepat, dan pemantauan kondisi tanah merupakan hal penting dalam pengembangan produksi jagung di wilayah ini.

 Pemerintah daerah bekerja sama dengan berbagai lembaga terkait secara aktif mendukung petani dalam pengembangan ketiga aset utama tersebut.

 Program dukungan benih unggul, pelatihan teknik pertanian terkini, akses terhadap sarana dan prasarana pertanian, serta peningkatan akses pasar merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani. Upaya meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan akan terus digalakkan, antara lain penggunaan pestisida ramah lingkungan, praktik pengelolaan lahan berkelanjutan, dan pengembangan pola tanam ramah lingkungan.

 Meskipun sistem pertanian utama di bancar berkembang dengan baik, namun masih banyak tantangan yang harus diatasi, antara lain: Misalnya fluktuasi harga pasar, perubahan iklim, dan peningkatan akses terhadap teknologi modern. Mengatasi tantangan ini memerlukan upaya bersama dari pemerintah, petani, lembaga pendidikan, dan sektor swasta.

 Dengan semakin meningkatkan sinergi antar berbagai pemangku kepentingan maka sistem usahatani komoditas andalan di Kabupaten Tuban Kecamatan Bankar Kota Tuban akan semakin berkelanjutan, produktif dan membawa manfaat yang lebih besar bagi petani dan petani. sebuah sistem yang dapat melakukan hal ini Melayani dan mengembangkan komunitas lokal.

                                                                                                                           Desa Wisata; Pantai Soan

Pantai Soan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menawarkan pesona alam menakjubkan serta potensi wisata yang menarik bagi pengunjung Terletak di Pesisir Utara Jawa Timur. Di Pantai Soan, tidak hanya kecantikan pantainya yang dapat dinikmati., namun juga pemandangan alam yang mengelilingi pantai. Tujuan rekreasi yang cocok untuk perjalanan bersama keluarga dan teman. Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai Sowan Saat berkunjung ke Pantai Sowan, pengunjung akan menyaksikan keindahan alamnya.Tak hanya pantainya saja, namun juga rindangnya hutan akasia, pohon mahoni, dan kelampis.

 Gabungan antara pasir putih kecoklatan dan susunan karang yang teratur meningkatkan kecantikan pantai ini. pesisir Sowan menawarkan beragam aktivitas yang sangat seru.Salah satu daya tarik utama Pantai Sowan adalah keindahan matahari terbenam dan terbitnya yang sangat menakjubkan. Pengunjung dapat Menikmati pantai serta suasana alamnya yang menawan juga dapat menjadi momen yang santai dan menenangkan. Spot-spot untuk berfoto yang ada di Pantai Sowan menjadi daya tarik tersendiri, selain keindahan pemandangan pantainya.

Pengunjung dapat mengabadikan momen dengan menggunakan Kendaraan sepeda yang melintas di udara di atas latar belakang pantai merupakan spot foto yang tersedia. Akan tetapi, untuk menikmati penggunaan fasilitas ini, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000.

Setelah Kelelahan akibat menikmati keindahan tepi laut, Pengunjung memiliki opsi untuk mampir ke warung makan sekitar Pantai Sowan yang menyediakan berbagai macam pilihan menu. Beberapa di antaranya adalah hidangan khas Tuban seperti rujak, es legen, dan siwalan yang segar. Pantai Sowan menyediakan sejumlah fasilitas wisata seperti gazebo, tempat menginap, area berkemah, kegiatan outbound, area bermain anak, koleksi hewan, serta fasilitas kamar mandi. Untuk masuk ke Pantai Sowan, pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 10.000 saat hari biasa dan Rp 12.500 pada akhir pekan atau hari libur nasional.

                                                                                                                                                     Epilog

Kota Tuban, Jawa Timur, Indonesia, menawarkan warisan sejarah, budaya, dan destinasi wisata menakjubkan. Tuban dikenal sebagai "Bumi Wali" dengan warisan agama Islam yang kaya. Kecamatan Bancar menunjukkan kearifan lokal melalui tradisi seperti Sedekah Bumi dan Sampur Baul, sementara pertanian maju di sini menyediakan pasokan pangan utama.

Pantai Soan, di Desa Bogorejo, Bancar, menampilkan pesona alam yang menakjubkan dengan pantai indah dan aktivitas wisata menarik. Pengunjung dapat menikmati spot-spot foto menarik, panorama matahari terbit dan terbenam yang memesona, serta berbagai fasilitas dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Kota Tuban menggabungkan keindahan alam, warisan budaya yang kaya, dan kemajuan pertanian, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dengan upaya pelestarian yang berkelanjutan, diharapkan Tuban dan destinasi wisata seperti Pantai Soan akan terus memukau generasi mendatang sebagai destinasi inspiratif yang memperkenalkan kekayaan budaya dan alam Indonesia.


0 Komentar