Indahnya Berbagi - Bakti Sosial dan Buka Bersama



Marhaban ya Ramadhan...
Bulan ramadhan bulan yang penuh berkah, bulan yang sangat baik untuk saling berbagi, menjalin silaturahmi dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Merupakan momen yang tepat untuk kita berbagi dengan anak-anak yang sedikit kurang beruntung, mengingat Allah masih memberikan berbagai kenikmatan yang dapat kita rasakan sampai detik ini.
Seperti agenda-agenda sebelumnya, UKM-FP Penalaran rutin mengadakan kegiatan bakti sosial. Ramadhan 1437 H atau hari Minggu, 26 Juni 2016 ini UKM-FP Penalaran diberi kesempatan untuk berbagi dengan adik-adik di Yayasan Al-Ikhlas yang bertempat di daerah Kamal tepatnya di Gili Timur. Tema kegiatan bakti sosial ini adalah Tingkatkan Kepedulian, Raih Ketaqwaan di Bulan Ramadhan Bersama UKM-FP Penalaran. Harapannya selain untuk membagi sebagian yang kita miliki juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama manusia agar ke depannya dapat saling mendoakan satu sama lain.
            Pagi yang cerah menjadi langkah awal perjalanan menuju yayasan Al-Ikhlas. Berbagai persiapan dilakukan demi lancarnya kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan awal yang dilakukan setelah acara pembukaan adalah pelatihan dan pembuatan batik jumput. Adik-adik di yayasan Al-Ikhlas diberikan pengarahan tata cara pembuatan batik jumput. Selanjutnya mereka langsung mempraktekkannya pada selembar kain yang telah dibagikan kepada masing-masing anak. Mereka diberi kebebasan berkreasi dalam membuat dan memberi warna kain tersebut. Terlihat keceriaan terpancar di wajah mereka yang sama-sama ingin membuat karya yang terbaik diantara yang lainnya. Secara bergantian memberi warna dan menjemur batik jumput buatan mereka sendiri. Sedikit pertengkaran sesekali terjadi karena berebut pewarna. Namun semua itu masih berada pada ambang kewajaran anak-anak yang memang sifatnya ingin menjadi yang terbaik.



            Sembari menunggu batik jumput yang dijemur kering, adik-adik diperbolehkan beristirahat dan sholat dzuhur. Mereka kembali siang menjelang sore untuk diberikan materi yang diisi langsung oleh kak Muqfitd. Sebelum pemberian materi adik-adik ini disegarkan terlebih dahulu dengan game-game seru, pemberian hadiah untuk anak-anak yang aktif menjawab pertanyaan dari pembawa acara serta pemberian hadiah untuk 3 karya batik jumput terbaik. Mereka begitu antusias mengikuti rentetan acara demi acara dan sepertinya tidak ingin berlalu dari acara ini. Namun waktu tetap harus memisahkan kita. Kini tiba waktunya memasuki acara terakhir, yaitu buka puasa bersama-sama. Dibuka dengan es teh manis teman-teman UKM-FP Penalaran bersama-sama dengan adik-adik yayasan Al-Ikhlas membatalkan puasanya pada hari itu. Setelah itu dilakukan sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan makan bersama.



Sangat nikmat rasanya dapat berbagi sekaligus buka puasa bersama adik-adik ini. Mereka adalah anak-anak yang sangat kuat, meskipun salah satu anggota keluarganya dipanggil oleh Allah SWT terlebih dahulu ketika mereka masih kecil. Namun tidak sedikitpun mereka pernah mengeluh. Mereka tetap tegar dan bahagia menuntut ilmu dan berdo’a. Semoga kegiatan ini berkah dan bermanfaat bagi adik-adik yayasan AL-Ikhlas dan teman-teman UKM-FP Penalaran sendiri. Semoga dapat dipertemukan kembali lain waktu. Aamiin...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download