Upgrading dan Organization Training Kepengurusan Periode 2018-2019


Pada awal kepengurusan baru periode 2018-2019 UKM FP Penalaran melaksanakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membentuk rasa kekeluargaan, meningkatkan semangat dan motivasi, kesolidan serta kekompakan UKM FP Penalaran, acara tersebut yaitu “Organization Training (OT) dan Upgrading” yang dilaksanakan pada 7-8 April 2018 dengan tema “Upgrading Our Dedication For Better Future Of Penalaran”. Kegiatan ini merupakan hal wajib yang merupakan pembuka kegiatan di awal periode kepengurusan yang telah menjadi warisan para pendiri UKM FP Penalaran. Pengurus dari UKM FP Penalaran periode 2018-2019 sebanyak 42 orang yang terdiri dari 6 pengurus inti dan 38 terbagi di 6 divisi.
Seperti acara pada umumnya, acara diawali dengan acara pembukaan yaitu dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah itu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama yaitu sambutan dari Ketua Pelaksana, Ainul Mustofa. Sambutan yang kedua yaitu sambutan dari Ketua Umum UKM FP Penalaran yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Umum yaitu Muhammad Syahrul.Terakhir adalah sambutan dari Pembina UKM FP Penalaran yaitu Ibu Ir. Umi Purwandari, M.App.Sc., P.hD, beliau berpesan yang intinya UKM FP Penalaran harus lebih meningkatkan prestasinya dalam bidang karya tulis terutama PKM.
OT dan Upgrading diisi dengan beberapa materi yang disampaikan oleh orang-orang hebat di UKM FP Penalaran. Pemateri pertama yaitu Muqfidt Arya Aditya yang merupakan alumni sekaligus ketua umum UKM FP Penalaran tahun 2015, Kak Muhfidt menyampaikan materi tentang Leadership yang bertemakan “Mengoptimalkan Potensi Diri dari Kekuatan Alam”. Beliau menyampaikan bahwa ada dua hal penting yang dapat mendorong pengoptimalan potensi diri yaitu seberapa banyak relasi/kenalan serta ilmu yang bermanfaat.Program yang bisa dilakukan untuk melihat potensi diri dari alam diantaranya NRP(Neuro Linguistic Program) yang menerapkan pola pikir melihat kekuatan alam dari banyak sudut pandang serta Cicle Of Excellent.

Pemateri yang kedua disampaikan oleh Immatul ‘Ulya yang pernah menjadi kepala Divisi English di UKM FP Penalaran tahun 2016. Materi yang disampaikan Kak Ima yaitu mengenai Public Speaking. Kak Ima mengupas tuntas tentang public speaking mulai dari pentingnya komunikasi, definisi public speaking, macam-macam public speaking, sampai masalah serta solusi yang ada pada public speaking. Public Speaking merupakan penyampaian gagasan secara lisan di depan umum, diantaranya yaitu dalam bentuk pidato, MC, pemimpin rapat, serta motivator. Untuk mengatasi nerves bisa dengan cara  mengajak ngobrol audiens serta menatap mata audiens seolah meyakinkan mereka, rasa tidak percaya diri dapat diatasi dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa melakukannya “You Can Do It”, dan untuk masalah body language dapat diatasi dengan senyum agar lebih rileks serta menggepalkan tangan untuk membuang energi yang tidak baik.

Pemateri yang ketiga yaitu Qowiyul Amin, yang merupakan ketua umum UKM FP Penalaran tahun 2016. Kak Qowi menyampaikan materi tentang Latar Belakang dan Sejarah UKM FP Penalaran dari mulai visi,misi,divisi yang ada di kepengurusan UKM FP Penalaran, profil ketum dari mulai pendirian UKM FP Penalaran sampai sekarang serta pencapaian disetiap periode ketum tersebut.
Seperti pada tahun sebelumya acara OT dan Upgrading UKM FP Penalaran ini,kedatangan tamu dari MITI-KM (Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia Klaster Mahasiswa) yaitu Sahri Ardalina S.Pd. Pada kesempatan kali ini MITI memberikan penjelasan tentang program kerja, apa saja kegitannya, dan MITI memberikaan materi tentang pentingnya kita melakukan kerjasama dengan organisasi lain yang sejenis dan memiliki tujuan yang sama dengan Penalaran.
Serangkaian acara OT dan Upgrading akhirnya selesai pada hari kedua sekitar pukul 13.00 yang diisi dengan acara outbond yang berlokasi diparkiran auditorium. Adapun manfaat dari outbond ini diantaranya untuk meningkatkan kekompakan, menyusun strategi, serta menjaga koordinasi antar keluarga Penalaran. Outbond dipandu oleh panitia yang diisi dengan beberapa games yang dibagi dalam menjadi 4 pos yaitu estafet karet, estafet air, serta estafet sarung. Outbond ini menguji kekompakan, strategi, serta kebersamaan para Anggota dan Pengurus UKM FP PENALARAN.








Share:

1 komentar:

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download