Targetkan Lolos PIMNAS 2019, Penalaran Melambungkan Gebrakan Sejuta Kreatifitas

Kreativitas merupakan penjelmaan  tiga faktor utama dalam diri manusia yaitu pikiran ,perasaan,dan keterampilan.Salah satu kompetisi nasional bergengsi di bidang kreativitas yaitu Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) yang dilaksanakan satu tahun sekali.PKM merupakan wadah yang dibentuk oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI yang memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia yang kreatif dan inovatif dalam penerapan ilmu yang di dapatkan di perkuliahan ini supaya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.PKM berbentuk seperti proposal yang yang dilengkapi dengan dasar-dasar pengajuan suatu program. Apabila proposal tersebut memasuki kriteria yang dicari maka  bisa di berikan dana oleh Kemristekdikti untuk marealisasikan programnya terebut.
Divisi PKM UKM FP Penalaran mempunyai program kerja Mentoring PKM,dimana peserta mentoring akan didampingi dalam pembuatan PKM dari tahap awal hingga tahap pengupload an. Mentoring PKM 2018 ini mengangkat tema “Membuka Cakrawala Ilmiah Menuju Generasi Berprestasi Untuk Negeri”.Event mentoring PKM inidimulai dengan adanya acara GOM(Grand Opening Mentoring) PKM yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Oktober 2018.Acara ini sungguh spektakuler walaupun ada kendala listrik yang mati namun acara tetap dapat berlangsung dengan lancar.
Acara dimulai dengan laporan Ketua Pelaksana, Rendy Irawan yang berharap semoga peserta mentoring PKM kali ini bisa menyelesaikan pembuatan PKM dan bisa lolos ke PIMNAS,serta dapat menjadi generasi muda yang bertalenta.Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum yang pada saat itu berhalangan hadir sehingga diwakili oleh wakilnya yaitu Syahrul,”Terimakasih telah meluangkan waktunya,acara mentoring PKM ini merupakan acara tahunan yang bergensi serta  merupakan wadah bagi mahasiswa Fakultas Pertanian yang minat di bidang PKM dan semoga karya-karya PKM yang dibuat dapat diaplikasikan ke masyarakat ”ujar Kak Syahrul secara singkat namun penuh makna.Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari pembina UKM FP Penalaran Ibu Umi Purwandari M.App.Sc.,P.hD”2 tahun terakhir ini merupakan 2 tahun yang berat karena prestasi dibidang PKM semakin menurun,perlu adanya inovasi dan ide ide yang fresh yang baru dan berbeda suapaya dapat meningkatnya kualitas”ujar Ibu Umi,selain itu Ibu Umi juga memberikan motivasi dengan menceritakan beberapa kisah inspiratif di pembuatan proposal PKM.
Sambutan Pembina UKM FP Penalaran oleh Ibu Umi Purwandari
                Setelah itu dialnjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan  Bapak Akhmad Farid,S.Pi,M.T yang sekaligus membuka acara GOM,”Hasil tidak akan menghianati usaha,PKm merupkan salah satu bagian dari peguatan softskill serta belajar team work,tidak ada sesuatu yang sulit selama ada yang mensupport”.


Sambutan Wakil Dekan 3 oleh Bapak Farid
Acara GOM ini resmi dibuka ketika ada pemotongan pita dari Pak Farid yang didampingi oleh Ibu Umi.Acara di tutup dengan doa.
Sebelum beranjak ke rangkaian acara selanjutnya terdapat ice breaking dan penampilan tari dari UKM FP Kesenian  Daun.
Penampilan Tari Tradisional Oleh UKM FP Daun
Pada acara ini terdapat 2 materi yaitu Motivasi Generasi Muda dan Pengenalan PKM.Materi yang pertama yaitu materi motivasi generasi muda yang disampaikan oleh pembicara dari dosen Ilmu Komunikasi Bapak Tatag Handaka,S.Sos.,Msi. yang di moderatori oleh Sholehatun Munawaroh. Pak Tatag menceritakan beberapa kisah inspirastif pemenang PKM diantaranya PKM tantang Sulis(Susu Listrik), alat perajang damen, dan laundry syariah hal ini menunjukkan bahwa suatu ide tidak selalu lahir dari seuatu masalah yang besar namun bisa juga dari perm asalahan yang sederhana. Selanjutnya beliau memberikan materi tentang “Self Talk”, pada sebuah hadis telah diriwayatkan yang artinya ”Berkatalah yang baik jika tidak bisa diamlah”,”Everyone was born as scient”ujar Pak Tatag di sesi akir acara.
Materi Motivasi Oleh Bapak Tataq
                Rangkaian acara yang selanjutnya yaitu meteri tantang Pengenalan PKM oleh Bapak Mojiono dengan moderator Laila.Bapak Moji menjelaskan tentang apa itu PKM dan beberapa jenis PKM,PKM mempunyai keunikan tersediri dalam setiap bidangnya,penulisan pkm harus sesuai dengan format yang telah ditentukan.Mencari ide dari suatu masalah kemudian melakukan obeservasi untuk mendaparkan jalan keluarnya.Gunakan strategi dalam setiap tindakan. Pak Muji juga menjelaskan bagaimana cara menulis setiap struktur dalam kepenulisan PKM dengan baik.
 
Materi Kepenulisan Oleh Bapak Mojiono
Setelah materi selesai dilakukan pembentukan kelompok sesuai bidang PKM yang diminati. Untuk acara mentoring PKM akan dilakukan setiap minggu mulai dari tanggal 16 Oktober 2018 hingga minggu ke 5 tanggal 13 November 2018. Berakhirlah acara GOM hari ini semoga dilancarkan untuk rangkaian acara selanjutnya dan semoga dapat meningkatkan prestasinya dalam kompetisi PKM tahun ini.
                 

Share:

1 komentar:

  1. Bermain di agen poker online ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, dan juga ada jackpot besar yang siap menanti anda, dengan berbagai kemudahan dan keamanan anda tidak perlu cemas bila bermain poker online

    BalasHapus

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download