Wajah Baru OABP 2018

Suatu proses awal ketika masuk dalam sebuah organisasi biasanya ditandai dengan adanya diklat, yang secara umum berisi tentang pengenalan organisasi tersebut serta pengenalan antar anggota. Pada tanggal 5-7 Oktober 2018 UKM FP Penalaran mengadakan acara OABP (Orientasi Anggota Baru Penalaran) dengan tema “Meningkatkan Potensi Diri Menjadi Generasi Emas yang Kreatif, Inovatif, dan Kontributif Menuju Penalaran Mandiri”. OABP kali ini dikemas dengan konsep baru yang berbeda dari tahun tahin sebelumnya yaitu acaranya dilakukan di luar kampus tepatnya di SMP 1 Socah. Rangkaian acara ini dimulai dari TM (Technical Meating) yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 September 2018, dengan agenda pembagian kelompok dan pengelisan tugas.
           
Peserta OABP 2018
Pada hari Jum’at tanggal 6 Oktober 2018, dimulailah rangkaian awal dari OABP dengan agenda pemberangkatan peserta.
Titik kumpul peserta berada di depan lab terpadu, diawali dengan sambutan dari ketua umum kemudian pemberangkatan peserta sesi pertama ke lokasi diklat pada pukul 16.00 dengan menggunakan minibus. Satu bis terdiri dari 2 kelompok dengan didampingi oleh satu  panitia. Dikarenakan pada fakultas pertanian terdapat banyak praktikum jadi pemberangkatan peserta dibagi menjadi 4 shif yang berbeda.Setelah sampai di lokasi peserta mengemas barangnya kemudian bersiap untuk sholat magrib, yang dilaksanakan di masjid terdekat dengan lokasi diklat.Setelah sholat magrib ada tahlil bersama, sembari menunggu waktu sholat isya setelah tahlil ada shering hearing ringan peserta dengan beberapa panitia. Setelah sholat isya peserta kembali ke tempat diklat, kemudian makan bersama dengan didampingi oleh LO masing-masing, kemudian agenda selanjutnya yaitu pengakraban per kelompok setiap kelompok membuat forum bersama LO masing-masing untuk membahas tentang pembagian jobdisk pengabdian masyarakat serta pengakraban antar anggota kelompok dengan LO. Pada pukul 22.00 peserta dipersilakan untuk menuju pulau kapuk.
Mentari dihari kedua OABP mulai menampakkan wajahnya memberikan isyarat untuk segera bergegas memulai aktifitas baru di hari yang baru dengan semangat baru dan hal-hal yang baru. Pada hari kedua, kegiatan dimulai dari sholat subuh berjamaah dilapangan. Dilanjutnya persiapan untuk senam yang diandu oleh sie acara, senam yang dilakukan diantarnya senam maumere dan senam lain dengan gerakan improvisasi dan lagu campuran yang energic. Setelah senam ada pengarahan dari divisi KWU terkait pemesanan jaket. Kemudian sarapan pagi bersama kelompoknya masing masing, lalu peserta dipersilakan untuk istirahat sekaligus perisapan untuk pembukaan acara. Pembukaan ini diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars UTM lalu dilanjutkan laporan dari ketua pelaksana, sambutan dari ketua umum, sambutan dari kepala sekolah dan kepala desa. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa.
sambutan oleh kepala sekolah SMPN 1 Socah
                     Acara selanjutnya yaitu materi kepenulisan oleh Yuni Eka Septiana dengan moderator novi, membahas mengenai cara menulis yang baik, macam kepenulisan, dan bagaimana strukstur kepenulisan karya dengan baik. Salah satu penugasan pada diklat kali ini yaitu pembuatan essay, dengan tema pariwisata, kuliner, tradisi, kesenian. Bagi mereka yang lolos 5 besar essay tahap selanjutnya yaitu mempresentasikan karyanya setelah sesi  materi kepenulisan ini. Kemudian dilanjutkan dengan materi pengenalan UKM yang diisi oleh Latiful Fuad selaku Ketua Umum UKM FP Penalaran,yang menjelaskan tetang sejarah awal berdirinya UKM FP Penalaran serta pengenalan dsri setiap divisi. Setelah itu lanjut ke materi yang ketiga yaitu motivasi oleh Muhfid Arya Aditya dengan moderator diyah yang berisi tentang pendorong semangat dalam melakukan sesuatu. Dalam hal ini pemateri mengitruksikan kepada peserta untuk menuliskan suatu kaliamt motivasi dalam selembar kertas dan menyimpannya didalam dompet.  Hal ini bertujuan untuk membangun semangat peserta dalam mewujudkan cita-cita dan impian.
Materi Kepenulisan Essai Oleh Yuni Eka Septiana
Materi Motivasi Oleh Muqfitd Arya Adhitya


Selanjutnya istirahat sholat dhuhur dan makan, kemudian lanjut ke acara selanjutnya yaitu pengabdian masyarakat dengan agenda diantarnya membersihkan lingkungan sekolah, menanam tanaman, menata ulang green house, dan mengumpulkan sampah plastik di sekitar halaman. Setelah itu istirahat, sholat ashar dan makan. Kemudian dilanjutkan agenda selanjutnya yaitu debat, Kelompok dibagi menjadi beberapa pasang kelompok,setiap pasang kelompok mendebatkan 1 macam topik berbeda dan terdapat pihak pro dan kontra dengan dipandu oleh 1 moderator sebelum debat dimulai, moderator membacakan aturan debat. Dalam debat ini terdapat beberapa tema menarik dainataranya:
1.      Penggunaan plastic dalam dunia pertanian (sudut pandang sebagai petani vs sudut pandang sebagai pemerintah)
2.      Rokok berbahaya namun menjadi pendukung perekonomian tertinggi di Indonesia (pemerintah : masyarakat)
3.      Pangan modern vs pangan lokal (pro pangan modern : pro pangan lokal)
4.      Kemajuan teknologi menurunkan minat membaca buku (akademisi : masyarakat)
5.      Maraknya ojek online membuat angkutan umum tak beroperasi (pro : kontra)

Tim Debat Kelompok

Pengabdian Masyarakat
Mentari mulai menenggelamkan dirinya menampakkan warna indah yang di sebut senja,tanda akan masuk waktu sholat magrib kemudian peserta bersiap untuk sholat maghrib dan isya’ berjamaah di masjid serta tahlil bersama. Setelah sholat isya kemudian makan malam bersama. Setelah itu masuk ke malam puncak yaitu malam inagurasi dimulai dengan tanda Ketum membawa obor untuk menyalakan api unggun didampingi oleh wakil ketua umum membawa bende

ra penalaran. Setelah itu ada pentas seni per kelompok selain itu ada juga penampilan dari beberapa panitia. Di akir sesi peserta diminta untuk menulis kesan pesan dan akan dikumpulkan waktu outbound besok. Pada pukul 22.00 peserta dipersilahkan untuk menuju ke pulau kapuk.




Mentari hari ketiga OABP mulai menampakkan cahayanya, tanda aktifitas di hari ketiga segara dimulai. Aktifitas dihari ketiga dimulai dari sholat subuh berjamaah di lapangan. Kemudian bersih –bersih persiapan pulang setiap peserta mengumpulkan sampah yang ada di sekitar area perkemahan.Selain membereskan barang pribadi, peserta juga membantu panitia membongkar tenda. Setelah itu ada sesi have fun yaitu game disini terdapat 5 game dibagi per pos dimana setiap pos mempunyai game yang bebeda diantaranya game melepas ikatan tali, estafet stick, lepas sarung, mencari koin dalam tepung dan gapyak KW. Game ini bertujuan untuk melatih kekompakan, koordinasi antar tim dan menumbuhkan jiwa fairplay.




 
Kegiatan Outbond

Permainan Ikat Kaki

Sarapan bersama antara peserta maupun panitia. Kemudian tiba saatnya di sesi akhir yaitu pengukuhan ditandai dengan pengumpulan ID card dan pemberian gantungan kunci serta pemberian selamat oleh jajaran PH. Pembagian hadiah yang meliputi : kelompok terkompak, kelompok dengan essay terbaik, dan penampilan terbaik. Hadiah berupa snack yang dirangkai seperti kalung.


Berakhirlah rangkaian panjang acara OABP 2018 kali ini, semoga menjadi hal yang bermanfaat. Semua hal di dunia ini membutuhkan proses, OABP ini merupakan pintu awal menuju sebuah proses. Proses dimana yang awalnya tidak tau menjadi tahu yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Berproseslah sebaik-baiknya dalam sebuah organisasi karna di perkuliahan ilmu akademik saja tidak cukup.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download