IPLN (Inovasi Pangan Lokal Nasional) dan PEC (Penalaran Essay Competition) 2018


IPLN (Inovasi Pangan Lokal Nasional) merupakan lomba artikel yang berhubungan dengan inovasi pangan lokal. Peserta lomba ini berasal dari universitas negeri maupun swasta se Indonesia dengan yema “Memaksimalkan potensi pangan lokal dalam menghadapi revolusi industri 4.0 melalui peran pemuda yang kreatif dan inovatif” Alur perlombaannya yaitu pendaftaran,kemudian pengiriman karya,setelah itu dilakukan penjurian. Kemudian dipilih 5 terbaik untuk mempresentasikan karyanya dan datang ke UTM. Berikut data 5 karya terbaik dari IPLN :
No.
Nama Ketua
Asal Universitas
Judul Artikel
1
Zefri Nur Zakaria
Politeknik Negeri Jember 
MOTAF (Modified Taro Flour) Berbasis Termostat Otomatis W-1209 Sebagai Upaua Peningkatan Kualitas Tepung Talas di Era Revolusi Industri 4.0
2
Iftitahur Rizqiyah
Universitas Trunojoyo Madura
“BUNG TOMO” Inovasi Burger Ontong Pokemon sebagai Bentuk Optimalisasi Pemanfaatan Ontomng Pisang di Era 4.0
3
Durrotun Nasihah
Universitas Trunojoyo Madura
Upaya Pengolahan Rumput Laut Menjadi B’SWEED (Biskuit Seaweed) Melalui Metode Ekstraksi untuk Menciptakan Makanan Bergizi Bagi Anak Usia Dini
4
Nisa’ul Farihah
Universitas Trunojoyo Madura
CRB (Corn Rice Box) Inovasi Pengolahan dan Penyajian Nasi Jagung sebagai Upaya Memaksimalkan Kuliner Lokal
5
Suluh Hidayat
Universitas Trunojoyo Madura
JENANG RAJAKU (Camilan Manis yang Menyehatkan)
              Presentasi dilakukan di Gedung Rektorat UTM. Presentasi dilakukan satu per satu setiap tim. Selain itu, mereka dipersilakan untuk membawa produk mereka disertai dengan prototype.

Juara 1 diraih oleh tim Zefri Nur Zakaria dari Politeknik Negeri Jember  dengan judul karya MOTAF (Modified Taro Flour) Berbasis Termostat Otomatis W-1209 Sebagai Upaua Peningkatan Kualitas Tepung Talas di Era Revolusi Industri 4.0.
Juara 2 diraih oleh tim dari Nisa’ul Farihah dari Universitas Trunojoyo Madura dengan karya “CRB (Corn Rice Box) Inovasi Pengolahan dan Penyajian Nasi Jagung sebagai Upaya Memaksimalkan Kuliner Lokal”.
Juara 3 diraih oleh tim Iftitahur Rizqiyah dari Universitas Trunojoyo Madura dengan karya “ ‘BUNG TOMO’ Inovasi Burger Ontong Pokemon sebagai Bentuk Optimalisasi Pemanfaatan Ontomng Pisang di Era 4.0
Dengan adanya lomba IPLN ini diharapkan generasi muda dapat memaksimalkan potensi pangan lokal sehingga bisa menjadi produk yang berkualitas dan dapat bermanfaat untuk masyarakat baik dalam segi gizi dan juga perekonomian.
PEC (Penalaran Essay Competition) yaitu lomba essay yang berhubungan dengan pengembangan potensi lokal. Tema PEC yaitu “Sumbangsih kreatifitas pemuda di era milenial” dengan sub tema diantaranya Pariwisata, Pengembangan potensi local, Teknologi, Lingkungan, Ekonomi, dan Kesehatan.Alur dari lomba PEC ini hampir sama dengan alur IPLN yang pertama yaitu melakukan regristrasi dan pendaftaran, kemudian pengumpulan karya, penjurian dan kemudian dipilih 5 karya terbaik dan berkesempatan untuk mempresentasikan karyanya.Berikut daftar 5 besar PEC.
No.
Nama

Judul Karya
1
Junaidi

Program Penerapan Wisata Syariah (PROPENAS) di Bukit Brukoh, Desa Kelompang Barat
2
Reni Herawati dan Irmawati Ningsih
“MP3 PROPA” (Mereduksi Penggunaan Plastik Pada Produk Pangan)
3
Zumarotul Inayah dan Viky Mei Wijayanti
Membuat Peningkatan Perekonomian Masyarakat Bangkalan Melalui Sektor Pariwisata dengan Program “ODOT (One District One Tourism)”
4
Erna Widayawati dan Shofiatul Umamah
3PB Berbasis TSS (Pengembangan Potensi Pariwisata Bangkalan Berbasis Teknologi (E-Tourism). Sapta Pesona, Serta Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat
5
Mar’atus Sholihah dan Silmi Aqidatul ‘Izzah Said
“GG COPET (Go Green, Coco Peat)” Kreasi Serbuk Kelapa dalam Optimalisasi Nilai Jual Limbah Serabut Kelapa di Kamal-Kabupaten Madura

Juara 1 PEC diaraih oleh Junaidi dengan karyanya yang berjudul “Program Penerapan Wisata Syariah (PROPENAS) di Bukit Brukoh, Desa Kelompang Barat. Juara 2 PEC diaraih oleh Zumarotul Inayah dan Viky Mei Wijayanti dengan karyanya yang berjudul “Membuat Peningkatan Perekonomian Masyarakat Bangkalan Melalui Sektor Pariwisata dengan Program ‘ODOT (One District One Tourism)’. Juara 3 PEC diaraih oleh Reni Herawati dan Irmawati Ningsih dengan karyanya yang berjudul ““MP3 PROPA” (Mereduksi Penggunaan Plastik Pada Produk Pangan)
Pemenang PEC diumumkan ketika Malam Puncak DN. Dengan adanya lomba PEC ini diharapkan pemuda di era milnial ini dapat berkontribusi dalam pengembangan potensi lokal sehingga perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat.


Share:

1 komentar:

  1. Mainkan permainan poker online terbaik hanya di daftar dewapoker situs terbaik di tahun 2019. Website judi poker online yang sangat berkualitas ini membuat anda ingin bergabung dan memulai bermain daftar dewa poker yang lebih baik. Penting untuk terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar bermain poker dan peraturan apa saja yang ada di permainan tersebut untuk dapat bermain di tingkat yang aman sebelum anda meluncurkan diri ke arena profesional seperti poker88 poker online situs poker online terbaik di Asia.

    BalasHapus

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download