Bisik Tani : Belajar Asik tentang Pertanian Melalui Drama Korea

By : Vitamami Mardatillah Imamah

Source: kurio.id

    Mendengar istilah ‘’Pertanian’’ kebanyakan orang langsung mengarah pada lahan, terik panas matahari, traktor dan lainnya. Memang benar itu semua hal-hal yang berkaitan dengan dunia pertanian. Namun untuk mempelajari ilmu pertanian tidak hanya dengan turun lapang saja akan tetapi kita yang bahkan berada di dalam kamar pun bisa mempelajarinya. Sayangnya, mahasiswa-mahasiswi jika sudah berurusan dengan kertas dan buku-buku tebal hal itu dianggap sebagai sesuatu yang membosankan mereka. Eitsss, tapi tenang saja saya akan memberikan sebuah metode pembelajaran yang asik dan tidak membosankan tentunya. Sebenarnya sudah bisa dilihat dari judul artikel ini, mungkin sekilas ada beberapa dari kalian pembaca yang timbul pertanyaan “bukankah drama korea identik dengan kisah percintaan yaa?ahh mana mungkin ada pertaniannya”. Nah, jangan salah ada beberapa drama korea yang memang mengangkat tema pertanian walaupun masih ada ciri khas dari drama korea itu sendiri diantaranya yaitu seperti :
1. Modern Farmer
Drama ini menceritakan empat sahabat yang mempunyai sebuah band namun harus gagal debut. Kegagalan yang dihadapinya ini menyebabkan mereka terlilit banyak hutang yang harus segera dibayar. Akan tetapi, tanpa disadari saat pindah ke sebuah desa keempat sahabat tersebut mampu mendaptkan sebidang tanah dengan luas 400.00 m². Selain itu juga dalam drama ini akan memperlihatkan serta menyajikan mengenai cara penduduk desa untuk memanfaatkan media sosial sebagai pacuan dalam menjangkau konsumen, memasarkan produk pertanian hingga pengemasan produk.
2. Farming Academy
Drama ini menceritakan putri dari seorang petani ubi di suatu desa yang sedang bersekolah di universitas pertanian dan perikanan nasional korea. Dalam drama ini pula menyajikan era pertanian modern atau biasa disebut dengan revolusi pertanian 4.0  

     Itulah beberapa drama korea yang bertema pertanian, semoga dengan adanya artikel ini nantinya mahasiswa-mahasiswi yang memang ingin belajar pertanian lebih mendalam lagi bisa dengan melalui tontonan drama korea tersebut. Sehingga secara perlahan berminat untuk terjun langsung dalam dunia pertanian. Karena memang pertanian di Indonesia ini sangat membutuhkan peran dari kaum muda milenial. 

0 Komentar