Ketupat Ciri Khas Bulan Ramadhan

 

Sumber : kompas.com

Ketupat merupakan makanan khas Asia Tenggara. Ketupat berbahan dasar beras yang di bungkus dengan anyaman yang terbuat dari daun kelapa muda (janur). Pembungkus ketupat tak hanya dari daun kepala muda namun biasanya juga dibungkus menggunakan anyaman daun palma yang lain.

Ketupat memiliki arti yang mendalam. Filosofi ketupat rupanya memiliki keterkaitan dengan penyebaran islam di Indonesia. Sehingga ketupat paling sering ditemui ketika perayaan bulan Ramadhan apabila umat islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Setiap merayakan Hari Raya Idul Fitri, pasti ketupat selalu ada di setiap hidangan di rumah-rumah, ini memang terlihat sederhana. tetapi menjadi hal yang paling dicari saat lebaran.

Ketupat memiliki perbedaan nama dan bentuk di setiap daerahnya. Ada 2 bentuk utama dalam ketupat, yatu kapal bersudut 7 dan jajaran genjang bersudut 6. Seperti contoh, pada ketupat jawa dan ketupat betawi memiliki bentuk yang berbeda yang menjadikan ciri khas disetiap daerahnya.

Ketupat bisa disajikan dengan berbagai masakkan. Di Jawa dan Betawi memiliki persamaan pada makanan pendamping ketupat. Masakan yang sering diantaranya adalah opor ayam, gulai, rendang, dan lain sebagainya.

Cara pembuatan ketupat:

1.     Daun kelapa muda (janur) di anyam sehingga berbentuk belah ketupat

2.     Beras di cuci setelah itu beras di masukkan ke dalam anyaman ketupat

3.     Ketupat di rebus di air mendidih selama 3-4 jam

4.     Ketupat siap di sajikan

Namun pada pembuatan ketupat tidak semua orang bisa. Ada beberapa orang yang menganggap membuat ketupat itu sangat sulit. Dikarenakan dalam proses pembuatannya butuh keterampilan dan kesambaran yang tinggi.

Daftar Pustaka:

HSS, K. K. KATUPAT KANDANGAN KULINER TRADISIONAL KAB HULU SUNGAI SELATAN MAIMUNAH.

HOTIMA, H. ETNOMATEMATIKA PEMBUATAN KETUPAT DI DESA ALASMALANG, KECAMATAN SINGOJURUH, BANYUWANGI. ETNOMATEMATIKA PEMBUATAN KETUPAT DI DESA ALASMALANG, KECAMATAN SINGOJURUH, BANYUWANGI.


1 Komentar