Ngopi (Ngolah Pikiran) Penalaran 2023

 

NGOPI PENALARAN 2023




Kegiatan NGOPI (Ngolah Pikiran) Penalaran FP merupakan sebuah Kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM-FP Penalaran yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian, kegiatan ini berisi rentetan pengenalan KTI, mentoring KTI, dan presentasi KTI oleh peserta. Rangkaian tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif mereka. Tema dari kegiatan ini yaitu “Menggerakkan generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam menulis KTI guna mewujudkan jiwa berkarakter”. LKTI dalam topik kegiatan ini bertujuan agar dapat menjadi wadah kreatif dan inovatif mahasiswa untuk meningkatkan partisipasi serta keaktian mahasiswa dalam keikutsertaannya pada perlombaan, dan meningkatkan prestasi dalam bidang kepenulisan ilmiah.

1.     Pengenalan KTI

Pengenalan karya tulis ilmiah diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Trunojoyo Khususnya Fakultas Pertanian dengan materi yang disampaikan oleh pemateri yang handal dibidangnya. Pada hari Sabtu, 1 April 2023 dilaksanakan secara online dengan menggunakan media zoom dengan jumlah peserta sebanyak 14 kelompok, dalam satu kelompok terdapat 2 sampai 3 mahasiswa. Total individu yang hadir sebanyak 44 mahasiswa. Pemateri pada acara ini yaitu Musyafak yang merupakan mahasiswa aktif program studi agribisnis dengan pencapaian juara yang tidak sedikit di bidang karya tulis ilmiah. Materi yang disampaikan berupa struktur karya tulis ilmiah serta cara mendapatkan judul dan tema menarik dalam membuat sebuah karya tulis, kemudian setelah pemaparan materi terdapat sesi tanya jawab kemudian acara ditutup dengan sesi dokumentasi. Output mengikuti kegiatan ini adalah mengenalkan karya tulis ilmiah kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura agar lebih memperdalam pengetahuan mereka tentang karya tulis ilmiah dan menarik minat mereka dalam bidang karya tulis serta menjadikan wadah mahasiswa berprestasi yang ingin mengembangkan bakat serta menuangkan idenya dalam karya tulis ilmiah serta menjadikan solusi dari permasalah yang timbul pada mahasiwa mengenai tips dan trik menulis karya tulis ilmiah agar lebih baik dan marik supaya dapat menjadi juara di perlomban. Setelah acara ini selesai peserta diharapkan mampu menemukan topik karya tulis ilmiah yang menarik secara berkelompok agar dapat dikembangkan lebih baik untuk kedepannya.  

2.     Mentoring KTI

Mentoring merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman, sebagai wadah, arahan dan fasilitas untuk menambah ilmu, mengembangkan minat dibidang kepenulisan, dan mengetahui tata cara menulis KTI agar menjadi juara dalam berbagai event atau perlombaan karya tulis baik dalam sekala internal universitas, nasional, ataupun internasional dengan didampingi oleh mentor yang handal dibidangnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan dan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.

 

 

-          Pertemuan pertama

Mentoring KTI yang pertama dilakukan pada tanggal 15 April 2023 secara online menggunakan media zoom. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dengan mentor Musyafa’ mahasiswa agribisnis yang juga merupakan pemateri pada acara pertama dalam rentetan kegiatan NGOPI. Pembahasan mentoring pertama mengenai cara menulis pendahuluan dan tinjauan pustaka yang benar dalam penulisan karya tulis ilmiah. Setelah sesi mentoring dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup oleh dokumentasi. Output dari acara ini adalah peserta tiap kelompok dapat membuat karya tulis ilmiah lengkap dengan bagian judul, pendahuluan, dan tinjauan pustaka dengan baik dan benar, dimana pekerjaan tersebut akan dikoreksi dan dinilai oleh mentor untuk menentukan kelompok yang mendapatkan gelar KTI of the week yang akan diumumkan pada pertemuan berikutnya.  

-          Pertemuan kedua

Mentoring kedua dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2023 yang merupakan kegiatan lanjutan mentoring pertama dengan pemateri yang sama seperti pertemuan sebelumnya, tetapi pada mentoring kedua konsep kegiatan yang diusulkan berbeda dengan konsep pertemuan mentoring pertama. Mentoring pertemuan kedua diselenggarakan secara luring-daring di RKBI FP dan media zoom. Pada pertemuan ini, para peserta mentoring hadir di RKBI FP sedangkan mentor hadir melalui zoom. Dalam acara ini mentor menjelaskan dan mereview tentang pekerjaan KTI peserta pada pertemuan sebelumnya kemudian mengumumkan pemenang dari KTI of the week dan dilanjut dengan pemaparan materi tentang bab metodologi, bab hasil dan pembahasan, serta bab penutup dalam sebuah karya tulis ilmiah. Output dari kegiatan ini adalah setiap kelompok mampu melanjutkan pekerjaan KTI mereka pada pertemuan sebelumnya hingga menjadi suatu kesatuan karya tulis ilmiah utuh, yang nantinya karya tersebut akan dikoreksi oleh mentor dan peserta diharapkan membuat power point tentang karyanya dan dipresentesikan pada pertemuan berikutnya.

3.     Presentasi KTI

Presentasi KTI merupakan merupakan rentetan akhir dari acara NGOPI penalaran FP. Kegiatan ini berisi sesi presentasi yang dilakukan secara berkelompok dan diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas pertanian Universitas Trunojoyo Madura, dimana mereka sudah mengikuti rentetan acara NGOPI dari awal hingga akhir. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 secara luring-daring. Pelaksanaan secara luring dihadiri oleh peserta di gedung RKBI 206, 207, kemduian pelaksanaan secara daring dihadiri oleh juri melalui media zoom. Tim juri penilai ada 2 yang handal dalam bidang kepenulisan, yaitu Musyafa’ dan Maratus Soleha. Dari kegiatan ini diambil 1 kelompok yang mendapatkan juara 1 best presentation, setelah kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa memperbaiki karya tulis mereka berdasarkan masukan-masukan juri agar mereka bisa menyiapkan karya terbaik mereka untuk diikutkan pada perlombaan berbasis karya tulis.

 

Pengenalan KTI : 1 April 2023

Mentoring KTI  :

-          Pertemuan pertama : 15 April 2023

-          Pertemuan kedua : 6 Mei 2023

Presentasi KTI : 27 Mei 2023

0 Komentar