Royyan Julian Penulis Asal Madura

 

Royyan Julian Penulis Asal Madura


Sumber: www.duniadosen.com

Royyan Julian lahir di Pamekasan 3 Juli 1989, merupakan salah satu penulis yang memanfaatkan budaya asalnya yaitu Madura. Kebudayaan Madura dituangkan sebagai latar belakang pada karya yang dihasilkan oleh Royyan Julian. Karya yang dihasilkan yaitu berupa novel-novel yang berkaitan dengan lingkungan sosial budaya Masyarakat Madura. Karya-karya Royyan Julian juga berisi mengenai permasalahan lokalitas, sehingga bahasa lokal yang digunakan masih melekat pada karyanya.

Royyan Julian memanfaatkan daya imajinasi, kemahiran dalam berbahasa, kepekaan membaca, serta dapat menempatkan simbol dalam menciptakan karya. Sehingga mampu meningkatkan pembaca, agar tidak terlalu cepat dalam menilai kompleksitas atau kehidupan masyarakat Madura. Salah satu novel karya Royyan Julian yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Madura yaitu Tanjung Kemarau. Novel ini menceritakan konflik yang terjadi di lingkungan masyarakat Madura yaitu di Kabupaten Pamekasan. Adat istiadat pada budaya Madura menjadi latar peristiwa yang ada dalam novel Tanjung Kemarau. Novel tersebut menceritakan mengenai persoalan kehidupan sosial budaya yang dialami oleh masyarakat Madura. Kompleksitas ini meliputi konflik politik, masalah sosial dan kelompok, kerusakan ekologi, kepercayaan lokal, hingga menceritakan mengenai dunia perbanditan khas masyarakat Madura yang dikenal dengan bajing.

Karya-karya yang dihasilkan ooleh Royyan Julian sering mendapatkan penghargaan, diantaranya yaitu Kumpulan cerpen Sepotong Rindu dari Langit Pleiades (2011) dan Kumpulan Cerpen Tandak (2015). Royyan Julian mampu menjelajahi serta memanfaatkan Madura dalam Kumpulan cerita Tandak dengan tidak berlebihan. Alasan Royyan Julian memilih Tandak sebagai judul dari kumpulan cerita pendek yang dibuat yaitu karena ingin membuat pembaca penasaran dengan isi ceritanya.


Referensi:

Devi, M. S., Maslikatin, T., Bakar, A., Muhamad, R., Kartika, B. A., & Angelina, D. (2023). FALSAFAH MADURA DALAM NOVEL TANJUNG KEMARAU KARYA ROYYAN JULIAN : KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA. Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 24(1), 49–59.

Susilowati, E. Z. (2018). Resistensi Perempuan Dalam Kumpulan Cerita Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi-James C. Scott). Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1–11.


0 Komentar