Susu Jagung Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Jagung Madura


SUSU JAGUNG
SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI TAMBAH
KOMODITAS JAGUNG MADURA

Tanaman jagung atau dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Zea mays merupakan salah satu bahan makanan alternatif pengganti beras yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Kementan pada tahun 2018, Indonesia mampu mengekspor jagung sebanyak 380 ribu ton dan menekan impor sebesar 3,3 juta ton. Hal ini merupakan bukti bahwa produksi jagung di Indonesia sangat strategis dan mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Salah satu sentra produksi jagung di Indonesia adalah provinsi Jawa Timur khususnya daerah Madura yang memiliki komoditas unggulan, dahulu makanan pokok masyarakat Madura adalah jagung. Seiring perkembangan zaman kini tanaman jagung menjadi ladang bisnis di beberapa kalangan pengusaha, yaitu dengan mengolah komoditas jagung menjadi beberapa produk, untuk meningkatkan nilai tambah dari komoditas tersebut. Dengan segala potensi dari komoditas jagung ini dan dengan didukungnya perkembangan di sektor agroindustri maka banyak sekali kita jumpai produk unggulan dari berbagai komoditas salah satunya adalah olahan dari komoditas jagung.
Nilai tambah merupakan perubahan harga yang terjadi dalam suatu komoditas  dalam setiap lembaga yang ada didalamnya. Susu jagung mempunyai nilai tambah  tersendiri dimana aspek tersebut dapat dilihat dari beberapa segi, seperti fisik, ekonomi, dan sosial. Mengapa susu jagung kami anggap memiliki peluang yang cukup besar sebagai upaya peningkatan nilai tambah komoditas jagung? Karena kebutuhan masyarakat akan susu masih cukup besar, pangsa pasarnya pun sangat luas dan beragam. Susu jagung dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, baik anak-anak hingga orang dewasa dan dari kalangan menengah kebawah hingga masyarakat yang berpenghasilan tinggi.
Susu jagung diperoleh dengan cara penggilingan biji jagung yang telah direbus dalam air dari hasil penggilingannya kemudian disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya. Kandungan karbohidrat dari susu jagung dipengaruhi oleh varietas jagung itu sendiri, selain itu juga dipengaruhi oleh jumlah air yang ditambahkan, waktu penyimpanan, kehalusan gilingan, dan perlakuan panas produk. Susu jagung memiliki keunggulan yaitu bahan baku yang mudah di dapat dengan harga yang relatif rendah, susu jagung tidak berbau amis seperti susu sapi pada umumnya dan kandungan serat dalam susu jagung juga sangat tinggi, sangat cocok untuk para konsumen yang ingin melakukan program diet.
Dalam pembuatan susu jagung memerlukan alat dan bahan sebagai berikut :
Alat yang digunakan :
1.      Blander
2.      Pisau
3.      Baskom
4.      Sendok pengaduk
5.      Kain saring
6.      Panci
7.      Kompor
8.      Botol kemasan
Bahan yang diperkukan dalam pembuatan susu jagung adalah :
1.      Jagung manis muda yang telah dipipil dan direbus ( 1 kg)
2.      Gula pasir (400 gram)
3.      Air (3,5 liter)
4.      Flavor
5.      Natrium benzonat (0,03 gram)

Cara pembuatan susu jagung :
1.      Pilih jagung muda yang berkualitas baik.
2.      Bersihkan jagung dari kulit dan rambutnya, rebus dan pipil
3.      Timbang jumlah jagung yang ingin di olah, dengan resep perkilo seperti diatas.
4.      Blander jagung pipilan, tambahkan air dan saring menggunakan kain saring
5.      Air saringan jagung tambahkan dengan gula, dan flavor, dan kemudian aduk hingga gula tidak ada yang berbentuk butiran
6.      Kemas dengan botol kemasan, dalam keadaan panas dan tutup segera.
7.      Pasang label serta keterangan produk
8.      Simpanlah pada suhu dingin

Secara ekonomi pembuatan susu jagung sangat mampu meningkatkan nilai tambah dari komoditas jagung, sebab pada era ini banyak dijumpai minuman- minuman yang digemari hanya berdasarkan kemenarikan kemasan. Pada dewasa ini pembelian minuman kemasan bukan hanya untuk memuaskan lidah konsumen saja melainkan menjadi kebutuhan dunia maya bagi konsumen. Untuk menarik minat konsumen penjual hanya menambahkan sedikit kata-kata, baik kata motivasi, kata-kata cinta, dan kata-kata persahabatan saja, yang akan menjadikan para konsumen merasa puas dalam membeli produk susu jagung, dan tentunya produk susu jagung tidak kalah dengan minuman coklat dan kopi yang terkenal di era ini. Melihat banyaknya peluang bisnis susu jagung di Madura yang nantinya akan menguntungkan bagi produsen sebab belum banyak produk yang serupa yang di jumpai di Madura, sehingga dari usaha susu jagung tersebut akan membantu meningkatkan nilai tambah komoditas jagung di pulau Madura.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pengikut

Pengunjung

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

Follow by Email

Translate

Download