The Magic of Moringa Leaves


 

Sumber: madiunpos.com

Indonesia merupakan negara agraris, yang merupakan negara penghasil bahan pangan dalam jumlah besar. Hal tersebut disebabkan Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan sinar matahari dan curah hujan yang cukup. Tanah yang subur menyebabkan tumbuh – tumbuhan banyak tumbuh subur di tanah Indonesia, salah satunya tanaman sayuran daun kelor. Di Indoneisa tanaman daun kelor mudah ditemukan dan dapat dikonsumsi sebagai sumber makanan yang kaya akan protein, asam amino, mineral, dan vitamin.

Di Indonesia, daun kelor pada umumnya diolah menjadi sayuran pelengkap lauk. Tetapi manfaat daun kelor tidak hanya sebatas pelengkap lauk. Tanaman kelor (Moringa oleifera Lam) dikenal sebagai tanaman multiguna yang padat akan nutrisi dan berkhasiat sebagai obat – obatan. Tanama kelor juga dikenal sebagai The Miracle Tree atau pohon ajaib karena sudah terbukti secara alamiah bahwa tanaman merupakan sumber gizi yang sangat berkhasiat yang kandungannya sangat luar biasa dibandingkan dengan tanaman pada umumnya.

Tanaman kelor diketahui memiliki kandungan lenih dari 90 jenis nutrisi berupa vitamin esensial, mineral, asam amino, antipenuaan dan atiinflamasi. Tananaman kelor dikenal dalam pengobatan tradisional unruk mencegah berbagai macam penyakit. Berbagai bagian daun kelor berfungsi sebagai stimulan jantung dan peredaran darah, antitumor, antipiretikm antiepilepsi, antiinflamasi antiulcer, diuretik, antihipertensi, menurunkan kolesterol, antioksidan, antidiabetik, antibakteri, dan atijamur.

Selain diolah menjadi sayuran pendamping lauk, daun kelor bisa diolah menjadi biskuit. Sehingga tidak hanya menjadi camilan saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat karena daun kelor kaya akan unsur multi zat gizi mikro seperti beta caroten, thiamin (B1), Riboflavin (B2), niacin (B3), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, vitamin C, sehingga bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan gizi. Dalam 100 gram daun kelor terdapat vitamin C setara 7 kali vitamin C yang ada dalam buah jeruk, 4 kali vitamin A dalam wortel, 4 kali kalsium dalam susu, 3 kali kalium dalam pisang dan 2 kali protein dalam sebutir telur.

0 Komentar